Penyebab dan Gejala Kanker Paru Paru di Dunia

apa kanker paru-paru itu ?

anker paru-paru, juga dikenal sebagai karsinoma karsinoma paru-paru atau paru, merupakan tumor paru ganas yang ditandai dengan pertumbuhan sel yang tidak terkendali dalam jaringan paru-paru. kalau tidak diobati, pertumbuhan ini dapat menyebar ke luar paru-paru dengan proses metastasis ke jaringan di dekatnya atau bagian lain dari tubuh. sebagian besar kanker yang dimulai di paru-paru, yang dikenal sebagai kanker paru primer, merupakan karsinoma yang berkeinginanl dari sel epitel. jenis utama utama merupakan karsinoma paru sel kecil (sclc), dan karsinoma paru sel non-kecil (nsclc). gejala yang paling umum merupakan batuk (termasuk batuk darah), penurunan berat badan, sesak napas, dan nyeri dada.
gejala kanker paru paru
ciri kanker paru paru
obat kanker paru paru
sebagian besar (80-90%) dari kasus kanker paru-paru yang akan terjadi paparan jangka panjang untuk keinginanp tembakau. sekitar 10-15% kasus terjadi pada orang yang tidak pernah merokok.  kasus-kasus ini bikeinginannya dikarenakan oleh kombinasi faktor genetik  dan paparan gas radon,  asbes,  atau bentuk lain dari polusi udara,  termasuk perokok pasif.  kanker paru-paru dapat dilihat pada radiografi dada dan computed tomography (ct) scan. diagnosis disempurnakan dengan biopsi yang bikeinginannya dilsayakan oleh bronkoskopi atau ct-bimbingan.

apa penyebab kanker paru-paru ?

sebuah tumor kanker dimulai dari satu sel yang abtata caral. diperkirakan bahwa sesuatu kerusakan atau mengubah gen tertentu dalam sel. hal ini membuat sel abtata caral dan berkembang biak di luar kendali. faktor risiko tertentu meningkatkan kemungkinan kanker tertentu membentuk. (lihat brosur terpisah yang disebut apa penyebab kanker? untuk lebih terangnya.)

merokok
merokok merupakan faktor risiko utama dan merupakan penyebab utama kanker paru-paru. bahan kimia dalam keinginanp tembakau karsinogen. ini merupakan zat yang dapat merusak sel dan menyebabkan kanker berkembang. sekitar 9 dari 10 kasus kanker paru-paru dikarenakan oleh merokok.

faktor-faktor lain
non-perokok memiliki risiko rendah terkena kanker paru-paru. namun, orang yang secara teratur terpapar keinginanp rokok orang lain (perokok pasif) memiliki peningkatan risiko kecil. orang-orang yang bekerja dengan zat tertentu telah peningkatan risiko, terutama kalau mereka juga merokok. zat-zat ini termasuk bahan radioaktif, asbes, nikel dan krom. orang-orang yang tinggal di kawasan di mana ada tingkat tinggi radiasi latar belakang dari radon memiliki peningkatan risiko kecil. polusi udara dapat menjadi resiko kecil juga.

gejala dan ciri ciri kanker paru paru stadium awal

tanda dan gejala yang mungkin menyarankan kanker paru-paru antara lain:

batuk
batuk darah
mengi atau sesak napas
berat badan
demam, clubbing dari kuku
atau kelelahan
nyeri dada
nyeri tulang
vena cava superior obstruksi
kesulitan menelan

kalau kanker tumbuh di saluran napas, mungkin menghalangi peredaran udara, menyebabkan kesulitan bernapas. obstruksi dapat menyebabkan sayamulasi sekret di belakang sumbatan, dan menyebabkan rentan terhadap pneumonia.
tergantung pada jenis tumor, paraneoplastic fenomena-gejala tidak dikarenakan oleh kehadiran lokal dari kanker pada awalnya menarik perhatian terhadap penyakit. pada kanker paru-paru, fenomena ini mungkin termasuk lambert-eaton sindrom miastenia (kelemahan otot yang akan terjadi autoantibodi ), hiperkalsemia, atau sindrom tidak pantas hormon antidiuretik (siadh, abtata caral terkonpusatsi urin dan encer darah). tumor di bagian atas paru-paru, yang dikenal sebagai tumor pancoast, dapat menginvasi bagian lokal dari sistem saraf simpatik, yang mengarah ke sindrom horner (menjatuhkan kelopak mata dan pupil kecil di sisi itu), serta kerusakan pada pleksus brakialis.