Merokok Bisa Sebabkan Kanker paru paru

penderita kanker paru-paru di indonesia
cara mengobati kanker paru paru
pada tahun 2012, kanker paru-paru merupakan jenis kanker yang paling seringkali terdiagnosis dan penyebab kematian yang akan terjadi kanker tertinggi di dunia.

kanker paru-paru artinya jenis kanker yang paling seringkali menyerang laki-laki indonesia. berdharapanrkan data globocan atau international agency for research on cancer (iarc) pada tahun 2012, di indonesia terdapat 25.322 kasus kanker paru-paru yang menimpa pria dan 9.374 kasus yang menimpa wanita.


jenis kanker paru-paru yang ada
terdapat dua jenis kanker paru-paru primer berdharapanrkan jenis selnya, yaitu kanker paru-paru sel kecil (small-cell lung cancer/sclc) dan kanker paru-paru non-sel kecil (non-small-cell lung cancer/nsclc). kanker paru-paru non-sel kecil berpeluang empat kali lebih seringkali terjadi dibandingkan dengan kanker paru-paru sel kecil.

kanker paru-paru sel kecil (sclc) biharapannya hanya menimpa para perokok berat dan penyebarannya lebih cepat dibandingkan dengan kanker paru-paru non-sel kecil (nsclc).

orang yang berisiko terkena kanker paru-paru
merokok mampu dikatakan sebagai penyebab utama kanker paru-paru. orang yang paling berisiko terkena kanker paru-paru artinya perokok aktif. sekitar 80-90 persen kanker paru-paru dikaitkan dengan kebiharapanan merokok. meski begitu,bukan berarti setiap perokokakan terkena kanker paru-paru. selain itu, orang yang tidak merokok juga berkemungkinan terserang kanker paru-paru, meski lebih rendah jumlahnya.

selain rokok, beberapa penyebab kanker paru-paru lain artinya menghirup arsenik, radiasi, dan polusi udara. kanker paru-paru juga lebih umum terjadi pada orang yang sudah lanjut usia.