7 makanan penurun tekanan darah tinggi


tekanan darah tinggi atau hipertensi (htn) merupakan problem kesehatan yang bisa menimbulkan problem lain jikalau tidak segera diatasi. hipertensi merupakan faktor utama penyebab banyak sekali penyakit kronis mirip agresi jantung, stroke, penyakit finja, penyakit arteri, dll. padahal pada umumnya penyebab darah tinggi sulit diketahui secara medis. biharapannya insan baru sadar saat dirinya melsayakan tes tekanan darah. sangat disarankan untuk segera memeriksakan dan kosnultasikan ke dokter saat tekanan darah  kau berada di atas tekanan darah tata caral.

gaya hidup dan faktor makanan sangat berpengaruh terhadap tingkat tekanan darah. berberapa jenis makanan membantu mengontrol tekanan darah dan bahkan membantu dalam menurunkan tekanan darah. berikut ialah aneka sumber makanan penurun darah tinggi:
makanan penurun darah tinggi

1. sayuran hijau
sayuran hijau merupakan aset untuk untuk kesehatan. bayam dan ketumbar sangat efektif dalam menurunkan tekanan darah. bayan dan daun ketumbar merupakan sumber kalium, sehingga kehadirannya merupakan penurun tekanan darah tinggi. daun seledri juga diyakini bisa menurunkan darah tinggi dengan cepat.

2. susu skim
susu skim ialah susu bebas lemak yang merupakan sumber dari kalsium dan vitamin d. kehadiran kalsium dan vitamin d sangat diperlukan dalam menurunkan tekanan darah. sebaliknya jikalau kekurangan akan berdampak pada hipertensi.

3. tomat
jikalau dikonsumsi secara teratur, tomat akan membantu menurunkan tekanan darah dengan cepat. tomat kaya akan kalsium, magnesium, vitamin c, vitamin d, dan vitamin e. nutrisi ini penting untuk mengurangi tekanan darah tinggi.

4. bawang merah dan bawang putih
satu siung bawan putih mentah dapat menunjukkan keajaiban. bawang membantu dalam mencegah pembekuan darah dan penebalan darah merah. bawang juga merupakan obat alami dalam menahan efek buruk yang dikarenakan tekanan darah tinggi. selain itu juga membantu dalam menghilangkan sumbatan di jantung.

5. gandum
gantilah sarapan  kau dengan roti yang terbuat dari gandum murni. gandum merupakan teman untuk penderita hipertensi. konsumsi gandum secara teratur, efektif dalam menurunkan darah tinggi.

6. makanan yang kurang asin dan kurang pedas
makanan yang asin-asin harus dihindari saat  kau sedang mengalami darah tinggi. yodium merupakan elemen yang menyebakan peningkatan tekanan darah di arteri. natrium ialah bahan utama dari garam dan sangat disaran mengkonsumsi makan yang kurang asin untuk menurunkan tekanan darah. makanan pedas juga dapat menjadi salah satu penyebab tekanan darah tinggi.

7. buah-buahan
buah-buahan segar merupakan sumber makanan penurun darah tinggi yang alami. buah-buahan mengandung banyak sekali mineral penting dan vitamin yang membantu dalam menurunkan darah tinggi.

selain 7 makanan diatas, minyak zaitun, biji bunga matahari, alpukat dan sayuran coklat gelap juga merupakan makanan penurun darah tinggi. pastikan juga tubuh memproleh kebuyang kuasa zat cair dengan minum air putih setidaknya 6 hingga 8 gelas sehari