Merokok sebabkan kanker paru paru

penyebab kanker paru-paru

merokok

kebiharapanan buruk ini menjadi faktor penyebab terbesar penyakit kanker paru-paru. sekitar 85 persen kasus kanker paru-paru diyang akan terjsaudara termudaan alharapannnya adalah merokok. orang yang merokok memiliki resiko 10 hingga 30 kali lebih besar terkena kanker paru-paru.

resiko kerja

tempat kerja atau lingkungan yang tidak sehat juga dapat memicu resiko penyakit ini. lingkungan yang kurang sehat dapat berupa paparan harapanp rokok, asbes, arsen, radiasi, dan beberapa bahan kimia lainnya. debu dan harapanp dari nikel, kromium, dan logam lainnya juga dapat meningkatkan risiko kanker paru-paru.



usia

meskipun penyakit ini lazim dialami oleh orang dewharapan, orang belia pun juga mampu mengalaminya. seseorang dengan usia 40 tahun lebih mempunyai risiko lebih tinggi terkena kanker paru-paru.

genetika

kanker paru-paru juga mampu dipicu oleh faktor genetik. jika anda punya garis keturunan (orangtua, saudara tertua, saudara termuda) yang pernah mengidap kanker paru-paru, anda juga beresiko tinggi terkena terkena kanker paru-paru.



tanda-tanda kanker paru-paru sering tidak tampak begitu terang pada tahap awal. namun lebih baik untuk menginspirasintifikasi kanker paru-paru sedini mungkin. gejala awal yang paling