Jokowi Batal Melantik BG

Kemarin hari Rabu adalah batas akhir proses pencalonan BG sebagai Kapolri. BIla tidak juga dilantik sebetulnya, BG sudah dipastikan gagal sebagai Kapolri. Tapi Presiden masih memberi kesempatan bagi BG untuk melakukan perlawanan secara hukum melalui Pra Peradilan KPK. Seandainya BG menang dalam Pra Peradilan? apakah dia akan dilantik?
Kalau pendapat saya pribadi, sebaiknya BG engga usah lagi dipilih. Mengapa? pertama, dia itu secara pribadi sudah seperti keluarga dengan Megawati. Secara psikologi akan memberatkan Jokowi punya anak buah yang dekat dengan Ketum Partai nya. Kedua,BG sudah diadili oleh publik melalui silent operation dari lawan politik. Artinya mesin politik KIH khususnya PDIP gagal meng cover serangan dari pihak lawan atas penunjukan BG sebagai Calon Kapolri sehingga Presiden yang didukungnya dalam posisi sulit.Ketiga, mengorbankan BG untuk memukul balik lawan adalah alasan kuat dan rasional bagi Jokowi agar kedepan dia tidak lagi diganggu dengan cara picik.
Seyogianya sebagai partai pendukung, KIH termasuk PDIP harus memastikan presiden tetap aman dari segala serangan atau intrik politik dari pihak lawan. Apalagi agenda "Trisakti " merupakan musuh dari neoliberal dan ancaman bagi politisi pragmatis, yang karenanya bukan medan yang aman bagi Jokowi untuk bergerak tanpa dukungan hebat dari partai pendukungnya. Kalau tidak maka hari hari kepemimpinan Presiden akan selalu digoncang dan pada akhirnya rakyat yang dikorbankan.
Bagaimanapun , ini pelajaran bagi KIH, khususnya PDIP bahwa mendukung Jokowi terpilih sebagai Capres satu hal tapi menjaga posisinya dari jebakan batman juga lain hal. KIH harus focus membuat periode pertama jokowi, agenda Trisakti menampakan ujud nyatanya dan dirasakan langsung oleh rakyat pemilihnya..
Karenanya saatnya untuk lupakan ego pribadi atau golongan,fokus hanya untuk rakyat!