Gelang Kayu Stigi

gelang kayu ini terdiri dua jenis, stigi darat dan stigi laut, disesuaikan dengan media tumbuhnya yaitu di darat dan di laut. stigi darat biharapan tumbuh di bukit atau gunung, stigi laut tumbuh di karang.

stigi darat, biharapannya berwarna tua seperti hitam ataupun merah. sedankan stigi laut berwarna lebih cerah, yaitu coklat muda atau kuning. kesamaan dari dua jenis stigi ini, tenggelam jika dimasukkan ke air. di laut. kayu ini akan tenggelam sampai ke dharapanr.

stigi dikenal dalam dunia pengobatan tradisional. salah satu khasiatnya, penawar racun binatang bermampu. jika ditempelkan pada bagian tubuh yang tergigit atau tersengat binatang bermampu dapat melekat kemudian mengisap mampu yang berada di dalam tubuh korban hingga habis. kemudian stigi terlepas dari kulit dengan sendirinya.
kayu stigi
jual kayu stigi
khasiat kayu stigi
stigi memiliki khasiat penyembuhan tetapi kayu ini tidak mudah didapatkan. hidayat pengelola toko udin borneo, mengatakan, selain sebagai penawar racun, stigi juga dijsaudara termudaan bahan membuat biji tasbih. selain itu banyak lagi penggunaan stigi sesuai dengan kepercayaan orang.

“konon, zaman dulu kayu stigi dimanfaatkan para jawara agar tahan pukul dan memperkuat pukulan,” jelasnya.

stigi juga diyakini sebagian orang untuk meningkatkan kharisma dan wibawa terutama bagi para pemimpin. kayu stigi juga digunakan untuk menghindari niat jahat dan sihir. sedangkan untuk kesihatan, membantu menyembuhan gangguan makhluk halus.
stigi akan tenggelam jika dimasukkan ke air, meskipun kayu stigi itu hanya potongan kecil. kemudian perhatikan warna stigi, jika mengilap, dimungkinkan karena bahan kimia.

fungsi/kegunaan/kelebihan
penggunaanya jika di pakaikan ke badan (cincin,loket, gelang, tasbih) adalah bertindak sebagai pemusnah daya negative.
aura kayu setigi ini pulak berunsur rezeki, berwibawa, keselamatan, keamanan dan bermacam-macam lagi khasiatnya. dan auranya sendiri berwarna yellow/orange.

awas kayu ini tidak boleh di pukulkan ke orang kerana sifatnya yang melumpuhkan lawan. kayu ini juga bersifat wanita, wanita yang masih single tidak boleh memakai kayu ini di sebabkan hal-hal yang tertentu. ia juga boleh digunakan sebagai penarik racun dari sengatan binatang bermampu, binatang yang mempunyai mampu tsayat dengan kayu ini dengan izin allah.