Harga Bawang anjlok, pemerintah antisipasi pasokan bawang

memasuki mcita-cita panen, harga bawang merah di tingkat petani anjlok. para petani pun harus menanggung kerugian yang besar.
"padahal modal yang dikeluarkan manfaat bawang dayak sudah besar, tapi ketika panen harga bawangnya malah anjlok," keluh seorang petani bawang dayak merah di desa mekarsari, kecamatan patrol, kabupaten indramayu, durnia, senin (24/8).
durnia menterperincikan, modal yang dikeluarkannya itu di antaranya untuk membeli bibit sebanyak satu ton per baru (1 bau = 3/4 hektare). dengan harga bibit rp 40 ribu per kg, modal untuk membeli bibit sebanyak rp 40 juta.

selain bibit, durnia pun mengsaya telah mengeluarkan biaya untuk sewa tanah, pengolahan tanah, pupuk, dan obat semprot hama sekitar rp 30 juta. di ekspresi dominan kemarau mirip ini, dia pun mengeluarkan biaya tambahan untuk pengairan sekitar rp 3 juta.
jika dihitung total, maka modal yang telah dikeluarkannya sekitar rp 73 juta per bau. modal itupun tidak termasuk tenaga yang dikeluarkannya alcita-citannya adalah dirinya mengerjakan sendiri pemeliharaan tanaman hingga panen.
namun, ketika panen, harga bawang merah hanya dihargai rp 5.000 per kg. itupun untuk kualitas bawang super. sedangkan untuk jual bawang dayak merah dengan kualitas lebih rendah, harganya lebih murah.
"saya rugi besar," keluh durnia.
durnia mengatakan, yang akan terjadi panen pada ekspresi dominan tanam kali ini sedang meningkat. pcita-citalnya, ketika ekspresi dominan kemarau, tanaman bawang merah mampu tumbuh dengan baik.bawang dayak
durnia menyebutkan, yang akan terjadi panennya jual bawang dayak kali ini mencapai sepuluh ton per bau. padahal bicita-citanya, yang akan terjadi panennya hanya berkisar tujuh hingga delapan ton per bau.
"tapi ketika produksinya rupawan, harganya malah jatuh," keluh durnia.
durnia mengungkapkan, dengan yang akan terjadi panen bawang merah sepuluh ton per bau dan harga rp 5.000 per kg, maka uang yang diperolehnya hanya sekitar rp 50 juta. dengan total modal yang telah dikeluarkannya sekitar rp 73 juta, kerugian yang ditanggungnya sebesar rp 23 juta.
untuk memperoleh break event point (bep), terang durnia, maka harga bawang merah harus mencapai rp 7.000 per kg. sedangkan untuk memperoleh keuntungan, manfaat bawang dayak maka harga jual bawang merah di tingkat petani harus diatas rp 7.000 per kg.
durnia menilai, harga bawang merah jatuh alcita-citannya adalah melimpahnya pasokan bawang merah dari brebes, jateng di pcita-citar induk kramat jati, jakarta timur.