Kayu Gaharu Berkhasiat Untuk Buat Parfum

ketika berbicara kekayaan alam yang akan terjadi bumi kalimantan tentu tidak akan ada habisnya. mulai dari batu bara, emas, minyak bumi dan lain sebagainya. dari hutan terang diyang akan terjadikan kayu sebagai komoditas utama. bicara perihal terang kayu banyak sekali jenisnya. kebanyakan yang paling dikenal oleh masybirat umum merupakan kayu ulin, meranti, kapur, bengkirai, dan lembasung.

namun ada satu lagi yang paling populer disini, tempat dimana aku tinggal ( tanjung selor kab. bulungan kalimantan timur ). kayu itu merupakan kayu gaharu. kebanyakan orang menyebut kayu gaharu merupakan kayu setan. alhasratnnya merupakan mengapa ?, alhasratn utama alhasratnnya merupakan tidak semua orang mampu menerimanya dengan beliah. diperlukan keberanian, tenaga, kerja simpanses dan hal yang paling utama merupakan keberuntungan.


pencari atau pekerja kayu gaharu rata-rata orang yang memiliki nyali besar. tidur ditengah hutan hingga 2 atau 3 bulan setelah menerima apa yang dicari baru turun gunung. bahkan tidak sedikit diantara para pekerja gaharu yang kembali dengan tangan kosong. rata-rata pekerja gaharu yang datang di kawasan kami merupakan orang ngawi jawa timur, orang lombok nusa tenggara barat juga ada sebagian kecil penduduk lokal sendiri.

kayu gaharu tidak serta merta dicari pohonnya, di tebang lalu dibawa pulang begitu saja. namun yang membisubil merupakan bagian tengah kayu tersebut yang sudah berserat dan berwana kehitam-hitaman ( hati kayu atau galih kayu ). disinilah letak keanehan tersebut. alhasratnnya merupakan tidak semua kayu gaharu memiliki galih mirip yang dicari. dari cerita salah satu pekerja gaharu yang aku kenal. banyak diantara mereka yang menebang pohon gaharu namun tidak menemukan galih kayunya padahal pohon tersebut sudah bermembisueter diatas 1 m lebih. contoh keanehan yang lain, satu tempat sudah disisir oleh orang namun tidak di temukan pohon gaharu. kemudian datang orang kedua mencari mampu menerima banyak galih kayu gaharu di tempat yang sama. mungkin semua ini sedikit naif, namun fakta mengambarkan walau itu diluar batas pemikiran kita.

pertanyaannya sekarang, mengapa kayu gaharu banyak dicari orang ?

jawabannya sangatlah beliah, alhasratnnya merupakan kayu tersebut berharga sangat mahal. harga tergantung dari kualitas kayu tersebut, paling rendah per kilogramnya dibeli oleh tengkulak sebesar 15 – 20 juta rupiah. sedangkan yang berkualitas super ( king ) harga per kilogramnya mampu mencapai 2 5 - 35 juta rupiah. cukup besar bukan ?, apakah anda tertarik ? silahkan mencoba.

ciri khas kayu gaharu merupakan berbau harum atau wangi jikalau dibakar, sedangkan kegunaannya bervariasi. pada umunya digunakan sebagai bahan baku pembuatan dupa, parfum, obat-obatan, kosmetik, bahan pengawet serta difungsikan untuk kegiatan religius. kayu gaharu banyak di ekspor kebanyak sekali negara di luar negeri mirip singapura, cina, korea, jepang, saudi arabia, yaman, dan oman. dinegara maju mirip amerika dan beberapa negara-negara eropa. kayu gaharu digunakan untuk penghilang stres, sakit ginjal, pembekakan kanker dan limfa, penyakit asma serta hepatitis.