Kayu Stigi, Kalimosod, Dewandaru

Kayu stigi merupakan kayu yang berasal dari pulau karimunjawa yang terletak di kabupaten jepara. Banyak orang memburu kayu tersebut digunakan untuk keperluan apa adanya, misalnya untuk gelang, tasbih, dan juga pipa rokok.

Selain kayu stigi, dipulau karimunjawa juga terdapat kayu lain, yaitu kayu kalimosodo dan juga dewandaru. Jadi kayu ini sangat berkhasiat sekali membantu kehidupan manusia.


Ketiga kayu tersebut sangat diburu dan dicari oleh banyak orang. Apabila kayu itu sudah terbentuk semacam aksesories maka harganya bisa mahal melebihi harga kayu lainnya.

Kayu stigi, dewandaru, dan kalimosodo sangat berkhasiat untuk menyembuhkan penyakit yang digigit ular, kalajengkin, dan juga kelabang. Mengapa hal ini terjadi? Menurut cerita, pada kayu tersebut ada semacam khodam yang menungguinya. Apabila digyunakan untuk menyedot racun, langsung bereaksi dengan sendirinya.

Aksesories kayu juga sangat sulit untuk membuatnya. Tidak mudah karena bahannya juga sangat langka dan juga cara pembuatannya juga tidak mudah sebagaimana kita membuat aksesories dari bahan lainnya.