Gejala Infertilitas Pernikahan



Mempunyai anak memang sangat menyenangkan. Bagi seorang ibu terutama yang beru menikah, dambaan mempunyai anak jadi segala-galanya. Karena anak dianggap sebagai hasil buah dari pernikahan. Tanpa kehadiran sang anak, bisa dibilang, kehidupan rumah tangga akan terasa hampa.
Harapan itu ternyata tidak demikian mudah. Banyak sekali perempuan yang suah menikah lama, namun tak kunjung juga punya momongan. Biasanya pasangan menikah yang sudah lebih dari satu tahun, tapi belum juga punya anak, diindikasikan bahwa sebagai gejala kemandulan atau infertilitas.
Beberapa penyebab infertilitas adalah, sudah menikah lama, minimal satu tahun, tetapi belum juga punya anak. kemudian, sudah melakukan hubungan 2 sampai 3 kali seminggu secara rutin, dengan tidak menggunakan kontrasepsi.
Apabila anda sudah melakukan hal itu, segera periksakan ke dokter kandungan, kira-kira siapa sebenarnya yang mengalami kemandulan, apakah suami atau istri. Kemandulan bukan selamanya dari pihak istri, suami juga mengalami kemandulan. Dan banyak sekali penyebab kemandulan yang dialami.